Pengertian Kanker Rahim dan Cirinya

Kanker merupakan jenis penyakit yang berbahaya. Akan tetapi sebenarnya bisa di obati tergantung kemauan keras kita dan jangan lupa selalu ikhtiar dan berdoa kepada Tuahn memohon agar penyakit yang kita derita dapat sembuh.
Kanker rahim adalah tumor ganas pada lapisan rahim (endometrium). Kanker rahim biasanya terjadi setelah masa menopause dan sering menyerang wanita yang berusia 50-60 tahun. Kanker rahim dapat menyebar ke berbagai bagian tubuh seperti indung telur, saluran telur dan sistem getah bening.
Kanker serviks disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma Virus). Virus ini memiliki lebih dari 100 tipe yang sebagian besar di antaranya tidak berbahaya dan akan lenyap dengan sendirinya. Namun, selain disebabkan oleh virus HPV, sel-sel yang tidak normal pada leher rahim juga bisa tumbuh akibat paparan radiasi atau pencemaran bahan kimia yang terjadi dalam jangka waktu cukup lama. Penularan virus HPV bisa terjadi melalui hubungan seksual, apalagi yang suka berganti-ganti pasangan. Virus HPV tak hanya menular melalui cairan, virus tersebut juga bisa menular melalui sentuhan kulit. Oleh karenanya, penggunaan kondom saat melakukan hubungan intim tidak terlalu berpengaruh untuk mencegah penularan virus HPV ini.
Perubahan prakanker pada serviks biasanya tidak menimbulkan gejala dan perubahan ini tidak terdeteksi kecuali jika wanita tersebut menjalani pemeriksaan panggul dan pap smear.
Gejala biasanya baru muncul ketika sel serviks yang abnormal berubah menjadi keganasan dan menyusup ke jaringan di sekitarnya. Perdarahan vagina yang abnormal, terutama di antara 2 menstruasi , setelah melakukan hubungan seksual dan setelah menopause.
Menstruasi abnormal (lebih lama dan lebih banyak)
Keputihan yang menetap, dengan cairan yang encer, berwarna pink, coklat, mengandung darah atau hitam serta berbau busuk.
Gejala dari kanker serviks stadium lanjut:
  • Nafsu makan berkurang, penurunan berat badan, kelelahan
  • Nyeri panggul, punggung atau tungkai
  • Dari vagina keluar air kemih atau tinja
  • Patah tulang (fraktur).
Demikian semoga bermanfaat. Salam

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Kanker Rahim dan Cirinya"

Posting Komentar