Apa Penyebab Kanker?

Dikalangan orang awam pasti banyak yang tidak tahu apa itu penyebab kanker, perlu anda ketahui bahwa jenis kanker itu banyak sekali antara lain kanker payudara, kanker lidah, kanker otak, kanker hati, kanker darah dan sebagainya. Penyembuhannya pun sendiri-sendiri, ada yang menggunakan cara herbal ada juga yang menggunakan cara modern/operasi. Kanker adalah saah satu penyakit yang sangat ganas, dibanding penyakit lain.
Kanker terjadi saat gen-gen yang bertugas untuk mengatur pertumbuhan dan perbaikan sel berubah. Perubahan ini merupakan hasil dari interaksi antara faktor gen induk dengan agen eksternal yang dapat dikategorikan sebagai:

  1. KARSINOGEN FISIK
    Seperti radiasi UV (UltraViolet) dan radiasi ionisasi
  2. KARSINOGEN KIMIAWI
    Seperti asbestos dan asap tembakau
  3. KARSINOGEN BIOLOGIS
    Seperti infeksi akibat virus (Hepatitis B Virus dan Kanker Hati, Human Papilloma Virus (HPV) dan Kanker Serviks/Mulut Rahim) dan Bakteri (Helicobater Pylori dan Kanker Lambung) dan Parasit (Schistosomiasis dan Kanker Kandung Kemih).
    Kontaminasi makanan oleh Mikotoksin seperti Aflatoxin (produk dari Aspergillus Fungi) menyebabkan Kanker Hati.
  4. TEMBAKAU DAN AKIBATNYA
    40% kanker dapat dicegah dengan memperhatikan asupan makanan, melakukan kegiatan fisik, serta tidak mengkonsumsi tembakau.
    Penggunaan tembakau adalah satu hal terbesar penyebab kanker di dunia, yang dapat dicegah. Penggunaan tembakau menyebabkan kanker paru-paru, tenggorokan, mulut, pankreas, ginjal, perut, kandung kemih dan tipe kanker lainnya; Perokok pasif dapat terkena kanker paru-paru juga.
    Penggunaan tembakau dinilai sebagai faktor resiko utama untuk kanker dan menyebabkan banyak variasi kanker seperti paru-paru, larinks, esofagus/kerongkongan, perut, kandung kemih, rongga mulut dan lain-lain.
  5. DIET DAN GAYA HIDUP
    Walaupun masih terdapat beberapa pertanyaan, ada bukti-bukti yang dapat dipercaya bahwa faktor asupan makanan juga dapat berkontribusi sebagai penyebab kanker. Hal ini berlaku pada obesitas sebagai penambah faktor resiko sekaligus komposisi makanan yang dimakan seperti kurangnya makan buah-buahan serta sayur-sayuran ditambah konsumsi garam yang terlalu tinggi. Kurangnya aktivitas fisik juga merupakan fakor resiko penyebab kanker. Ada bukti kuat bahwa penggunaan alkohol juga menyebabkan beberapa tipe kanker seperti kanker esofagus/kerongkongan, faring, laring, hati, dada dan lainnya.
Itulah beberapa penyebab kanker, semoga menambah wawasan kita tentang artinya kesehatan. Karena kita tahu sendiri bahwa sehat itu mahal biayanya.

Related Posts:

0 Response to "Apa Penyebab Kanker?"

Posting Komentar