Mencegah Kegemukan Pada Anak

Obesitas atau istilah lain adalah kegemukan yang terjadi pada masa kanak-kanak bisa menyebabkan dampak yang tidak baik dan juga signifikan bagi kesehatan fisik si anak. Hal tersebut harus dihindari dengan cara membiasakan anak menjalankan gaya hidup sehat dengan gizi yang seimbang.

Seperti yang diungkapkan oleh Dokter spesialis anak, Dr. Sudung O. Pardede, SpA(K) dalam acara Asupan Air Seimbang Cegah Obesitas pada Anak dan Remaja, mengingatkan bahwa orangtua perlu memonitor, mengontrol apa saja yang telah dikonsumsi anak-anak dan memberikan mereka pembelajaran kepada mereka sejak dini untuk memilih asupan gizi seimbang.


“Anak-anak dan remaja saat ini gemar sekali minum minuman yang kaya kalori, sehingga menyebabkan angka obesitas yang tinggi. Padahal obesitas pada anak-anak mengancam kesehatan generasi muda Indonesia, karena berpotensi membawa penyakit membahayakan,” tuturnya di Hotel Le Meridien, Jakarta, Rabu (21/1/2015).

Sumbr data dari United Nations Children’s Fund (UNICEF) 2012, Indonesia disebutkan berada diurutan pertama negara dengan tingkat obesitas pada anak tertinggi di wilayah ASEAN, yaitu sebanyak 12,2 persen. Persentase tersebut jauh di atas negara-negara Asia Tenggara lainnya yang rata-rata di bawah 10 persen.

Kecenderungan untuk mengonsumsi minuman bergula dan berkalori meningkat di kalangan anak-anak. Minuman tersebut seperti jus bergula, es blender, teh dalam kemasan, soda berkalori, dan lain sebagainya. Kebiasaan meminum minuman tersebut jika tidak dipertimbangkan dengan asupan makanan dapat memicu kegemukan.

“Minuman berkalori seperti itu memiliki banyak gula tambahan. Gula tambahan misalnya kita ingin makan roti atau minuman campur gula, sebaiknya enggak lebih dari 10 persen kebutuhan kalori. Kalau menurut pedoman gizi seimbang, ini tidak lebih dari empat sendok gula,” kata Prof. Dr. Hardiansyah, MS., ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) di tempat yang sama.

Untuk mencegah anak-anak dari bahaya kegemukan, selain dengan mengurangi minum tersebut, air putih dapat menjadi solusinya. Air putih, yang masuk ke dalam tumpeng atau piramida gizi seimbang, berperan penting untuk menyeimbangkan metabolisme sehingga dapat mencegah kegemukan atau obesitas.

"Menurut penelitian mengenai penurunan berat badan, asupan air seimbang dapat meningkatkan metabolisme lemak di dalam tubuh. Air putih yang diminum sebelum makan utama juga membuat perasaan kenyang, hingga mengurangi selera makan," pungkasnya Hardiansyah.

Related Posts:

0 Response to "Mencegah Kegemukan Pada Anak"

Posting Komentar